This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Popular

Kamis, 20 Desember 2012

Lee Seung Gi and Han Hyo Joo Vote in S.Korean Presidential Election

seungJoo are here now !!
setelah beberapa pekan off dengan news tentang perseungjo-an, sekarang ada yang baru nih .*kasih tau gak ya..?*


apa mereka ketemuan (?) entahlah ..
cuman saya aneh liat stylenya hyo yang agak sedikit meghindari media dengan menutupi sebagian wajahnya....bari kali ini saya liat hyo modelnya kek gini.........udah nutupin wajah..eh, make kacamata hitam lagi....(ini maksudnya apa(?) jangan2 hyo udah ketemuan sama gie, jadinya hyo modelnya nutup gitu..hahhah, Bedaa dengan Gie, Liat penampilannya, raut wajahnya.....sumringah !!! ah !! jangan2 ini tanda kalo gie bahagia banget ketemu sama hyo di sini...


sepertinya tempatnya beda ya *garuk kepala*....wkkwkwkwkwk...............
lets vote..
vote SEUNGJOO for REAL COUPLEin Real Life...yeahhhhh..yey,,,,,,,,,

Jumat, 07 Desember 2012

AKU DAN UGD


@ IRD BEDAH RS. Dr.WAHIDIN SUDIROHUSODO
    --Aku--
       dengan kokohnya tetap tersenyum dibalik penderitaan stase IRD BEDAH minggu pertama. Sampai air mata sudah tak bisa keluar saking bahagianya telah melewati stase ini, Ahh..suatu saat akan merindukan moment asik ini. 



INDIKASI TRANSFUSI DARAH

Indikasi untuk transfusi darah makin dipertanyakan. Transfusi darah biasanya diberikan untuk meningkatkan  kapasitas pengangkutan oksigen dan volume intravaskular. Walaupun demikian, berdasarkan teori, peningkatan volume vaskular seharusnya bukan merupakan suatu indikasi untuk transfusi darah, karena volume intravaskular dapat diperbesar dengan pemberian cairan yang tidak menularkan infeksi (misalnya, kristaloid atau koloid). Sehingga, peningkatan kapasitas pengangkutan oksigen merupakan satu-satunya indikasi nyata untuk transfusi darah. Dari segi praktisnya, bila seorang pasien mengalami perdarahan, darah tepatnya diberikan untuk meningkatkan baik kapasitas pengangkutan oksigen dan volume intravaskular. Secara kritis berapa nilai hematokrit/ hemoglobin yang diperlukan untuk kapasitas pengangkutan O2. Dalam sejarah, hematokrit kurang dari 30% (atau hemoglobin kurang dari 10 g/dl) menunjukkan kebutuhan untuk transfusi darah perioperatif. Bagaimanapun juga ketakutan pada tahun-tahun terakhir akan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh transfusi, khususnya Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), menyebabkan peninjauan ulang terhadap indikasi ini. Jelaslah transpor oksigen dapat  dipertahankan dengan hematokrit hingga  20%. Dengan anggapan volume intravaskular normal dan respon kompensasi kardiovaskular normal (contohnya, takikardi). 

HIDROCEPHALUS KOMPLEKS/ MULTILOCULATED VENTRIKEL/VENTRIKEL LOBULATED

I.                   PENDAHULUAN
Hidrosefalus yang  timbul akibat adanya septum intraventrikular dikenal juga sebagai hidrocefalus kompleks atau hydrocephalus loculated . Beberapa persamaan dari kompleks hidrosefalus telah digunakan pada literatur seperti compartmentalized atau hidrocefalus loculated. Kompleks hidrocefalus merupakan masalah yang cukup menantang bagi dunia bedah syaraf. Terapi definitifnya adalah pembedahan, tapi masih kontroversial. Terapi yang sering digunakan adalah shunting.
Beberapa ahli bedah menganjurkan stereotactic aspirasi pada kista dan komunikasi dari kompartemen. Rekomendasi lain pada pembedahan mikro dengan lisis kista intraventrikuler. Hasil yang baik dilaporkan setelah menggunakan pendeketan transcortical atau pendekatan dengan transcallosal. Berdasarkan  pengalaman, managenen secara neuroendoscopik cukup menjanjikan. Endoskopi merupakan tatalaksana sederhana untuk fensetrasi membran pada ruang  cairan serebrospinal yang terisolasi dan ventrikel.
II.                INSIDENS
Hidrosefalus kompleks biasanya ditemukan pada anak, terutama pada neonatus, tanpa adanya perbedaan yang signifikan antara anak laki-laki dan perempuan.  Angka kejadian dari meningitis neonatorum berkisar antara 0,13%-0,37% pada bayi cukup bulan, dan 1,36%-2,24% pada bayi kurang bulan. Hidrosefalus sebagai gejala sisa dari meningitis neonatorum terlihat dengan jelas, dengan angaka kejadian mencapai 31%. Hanya ada beberapa laporan tentang multiloculated hidroosefalus. Beberapa pasien dengan bacterial meningitis juga menunjukkan ventriculitis, dilaporan sebanyak 92% kasus ditemukan saat otopsi dan 100% tampak secara klinis.
III.             KLASIFIKASI
Hidrocephlus kompleks terdiri atas uniloculated atau multiloculated. Hydrocephalus uniloculated berarti adanya kista pada sistem ventricular, juga pada supratentorial (terisolasi pada ventrikel lateral) atau infratenorial ( terisolasi oleh 4 ventrikel). Multiloculated hydrocephalus berarti terdapat kista yang banyak atau lokus yang terisolasi  pada intraventrikuler. Hydrocephalus pada satu lokasi biasanya terjadi oleh karena kelainan congenital disertai dengan tidak terbentuknya jalur cairan cerebrospinal. Sedangkan multiloculated hydrocephalus terjadi oleh karena post infeksi atau  post inflamasi dengan hilangnya jarak subarachnoid.
Membedakan tiap tipe sangat penting dikarenakan pathogenesisnya, keberhasilan dari pengobatan dan prognosis dengan jelas berbeda. 

Jumat, 30 November 2012

PERASAAN DAN PERASAAN

--Salah--
Apakah salah jika saya mempunyai perasaan seperti ini terhadapnya (?)
saya sendiri tak tahu, betul-betul tak tahu, perasaan ini datang dengan sendirinya, apakah salah (?)
satu hal yang tak bisa saya ampuni, jika saya benar-benar salah mempunyai perasaan ini terhadapnya karena satu hal yang mutlak dan tak mungkin.
dan kali ini saya benar-benar salah.

--Perasaan--
Saya benar-benar menyalahkan perasaan ini karena telah menjadi tembok penghalang yang besar yang semestinya " mudah untuk " tetapi karena suatu benda yang bernama perasaan jadinya "susah untuk" Hal ini benar-benar tak saya ampuni.

" perasaan itu tidak sesederhana satu tambah satu sama dengan dua. Bahkan ketika perasaan itu sudah jelas bagai bintang di langit, gemerlap indah tak terkira, tetap saja dia bukan rumus matematika"

Tere Liye, novel 'Kau, Aku & Sepucuk Angpau Merah'.
Bolehkah saya menyatakan kerinduan ?? kerinduan yang entah pada siapa..entah berantah padanya...
pada angin, pada tetesan hujan, pada dedauan.. sampaikan salam rinduku padanya....yang entah saya pun tak tahu...

Kepada yang Maha Menyayangi..semoga semua kehormatan perasaan ini dibalas oleh sesuatu yang lebih baik..AMIN, janji tuhan tak akan pernah palsu.

Night..night..

Kamis, 15 November 2012

SPESIALISASI & KEPRIBADIAN

Credit on Usre's blog. Thanks for these amazing information :)
Temanku, pernahkah kalian berpikir kalo setiap residensi mempunyai tipikal kepribadiannya masing-masing? Ketika saya  mengatakan ahli bedah, orang seperti apa yang kamu bayangkan? Tegas, cepat tanggap, pemimpin, ekstrovert, dan mungkin agresif? Lalu bagaimana jika aku mengatakan internis? Terlalu banyak berpikir, logis, sistematis? Jika pediatrik? hangat, simpatik? Jika kamu berpikir demikian, maka kamu tidak sendirian. Setiap spesialis mempunyai stereotipe kepribadiannya masing-masing. Stereotype tersebut terbentuk dari keadaan yang dihadapi dalam spesialisasi tersebut.
Spesialisasi yang berhubungan dengan kegawatdaruratan akan membentuk watak keras, agresif, dan cepat tanggap. Namun, orang2 di bidang ini kurang memberikan ruang untuk kreativitas karena semuanya terikat protokol. Spesialisasi lain seperti interna dan pediatri akan membentuk karakter sistematis dan simpatik sedangkan spesialisasi yang abstrak seperti psikiatri mempunyai tipikal orang yang kreatif dan imajinatif.

TRACE EVIDENCE “FOOT PRINT”



A.      Pendahuluan
Berdasarkan prinsip bahwa “setiap kontak meninggalkan bukti”, pakar-pakar forensic meneliti bahwa terdapat beberapa benda terkecil yang dapat dijadikan bukti. Definisi“trace” pada fase “trace evidence” adalah suatu hal problematik. Secara umum,  ilmu kedokteran forensic menggunakan istilah“trace evidence” untuk menjelaskan semua bukti sekecil apapun, atau lebih khusus lagi adalah semua bukti yang dianalisis dengan menggunakan teknik mikroskopik.1,2
Sebagian besar barang bukti bersifat nyata. Secara umum merupakan bagian dari kriminal dan ditemukan pada tempat kejadian perkara. Rambut, sidik jari, cat, darah, dan jejak kaki merupakan contoh-contoh dari barang bukti.3
Jejak kaki sangat membantu dalam investigasi tindakan kriminal. Jejak dapat meninggalkan informasi yang penting meskipun kita mungkin berpikir semua sepatu itu sama, dengan observasi yang hati-hati dan teliti, semua informasi dari jejak kaki ini dapat didapatkan. Jejak kaki itu sendiri dapat memberi informasi tentang orang yang mempunyai jejak tersebut, sepatu yang digunakannya, seberapa sering dia menggunakan sepatu tersebut, jejak itu juga meperlihatkan pola sol sepatu yang digunakan, darimana orang yang mempunyai jejak tersebut berada (kadang-kadang terdapat residu yang tertinggal dari tempat lain orang yang mempunyai jejak tersebut berada), seberapa tinggi orang tersebut dan kadang-kadang hingga seberapa berat orang tersebut. 4
Sering kali jejak kaki di tempat kejadian tidak dengan telanjang kaki. Untuk mengimbangi, para ahli membuat metode identifikasi dari jejak sepatu. Lekukan dari jejak sepatu apapun dapat dipelajari, direkam, dan dicocokkan dengan jejak yang ditemukan dilokasi lain. Oleh karena itu, jika kumpulan jejak kaki ditemukan di tempat kejadian, dapat dibandingkan dengan kumpulan jejak kaki ditempat kejadian yang berbeda. Jejak kaki yang sama memberitahukan penyidik bahwa orang tersebut termasuk dalam kedua bentuk kejahatan tersebut.5
Para ahli forensic juga dapat membuat penentuan pelaku berdasarkan jejak sepatu mereka. Ukuran sepatu memberikan mereka untuk memperkirakan tinggi dari pelaku. Dengan membandingkan seberapa dalam cetakan dengan ditanah, penyidik juga dapat menentukan berat dari pelaku yang meninggalkan jejak kaki tersebut. Dari semua metode ini dapat membantu mengetahui identitas pelaku.5
Bukti alas kaki dapat ditemukan dengan dua bentuk, jejak dan cetakan. Normalnya jejak digambarkan dengan 3 dimensi, seperti jejak pada lumpur atau material yang lunak; dan cetakan digambarkan dengan membuat cetakan dari permukaan yang berdebu, bubuk ataupun medium yang sama.6
Jika sebuah sepatu ditemukan pada TKP atau disita dari tersangka sebagai barang bukti, perbandingan sepatu tersebut dengan jejak dapat dibuat dan sampel dapat diambil dari sol sepatu tersangka yang dapat menghubungkannya dengan lokasi tempat kejadian kriminal dilakukan. Jejak kaki ini juga dapat mengindikasikan tempat masuk dan keluar kejadian perkara dan dapat memperlihatkan pergerakan pelaku ketika melakukan tindakan kriminal. Jejak kaki yang bermacam-macam juga dapat mengindikasikan jumlah pelaku yang terlibat dalam tindakan kriminal.4

Selasa, 06 November 2012

Hari ini aku menyadari ..

Ya Tuhan......................
Kabar yang membuatku galau, kecewa (?) sangat kecewa..malah saya tidak bisa memaafkan diri saya sendiri ;( 
Saya menyadari sekarang bahwa seberapa kerasnya saya belajar, seberapa kerasnya saya berusaha tetap saja saya tidak bisa menaklukkan keadaan itu..............tetap saja, kosong, tidak ada signifikan, dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya....
Sabarkanlah hati ini ya Rabb............
saya sangat kecewa dan sedih, saya sangat malu, perbandingan yang amat jauh 1:25, bukankah itu sangat memalukan (?)

Langit selalu membuat skenario terbaik, saat itu belum terjadi, maka bersabarlah...

Sabtu, 20 Oktober 2012

BARULAH AWAL


Memulai awal yang mungkin akan sangat-sangat melelahkan (saya harap tidak) 
Bloggie.. ini adalah postinganku sebelum akhirnya saya masuk di bagian bedah esok hari, Ya Tuhan saya memohon petunjukMu, Mudahkanlah Ya Rabb..

Semoga pembelajaran di Bagian Forensik membuat saya lebih Berani di bagian baru ini (Bedah). Pembelajaran "itu" tidak akan saya Lupa. Pembelajaran itu barulah awal, saya akan melanjutkannya, ..Yah saya harus siap untuk Menjadi seseorang.
Aminn..

23:14-- saya Rindu dia, Rindu sekali.. ahh, bagaimana kabarmu ?? Masihkah kau ingat saya yang tinggi. ..tinggi skali...(itu katamu) ^_^

23:15--saya Rindu sahabatku, kalian berdua, saya Rindu bercerita, tertawa bersama, bergosip bersama, bersusah bersama. ahh, apakah kalian baik2 saja di sana ??

Rabu, 17 Oktober 2012

ILLUMINATI DAN LADY GAGA


Illuminati adalah kelompok persaudaraan rahasia yang sangat tertutup. Menurut Wikipedia, Illuminati berasal dari bahasa latin illuminatus yang berarti tercerahkan, adalah nama yang diberikan kepada organisasi persaudaraan rahasia kuno yang pernah ada dan diyakini masih tetap ada sampai sekarang, walaupun tidak ditemukan bukti-bukti nyata tentang keberadaan organisasi persaudaraan ini.

Di antara salah satu tujuan organisasi ini adalah menghapuskan semua agama yang ada. Dan menurut penelitian yang disebutkan di atas, Adam Weishaupt inilah perumus The Protocols of the Elders of Zion (protokol tokoh-tokoh zionisme) yang berisi agenda besar dengan tujuan utama untuk penguasaan dunia oleh kaum Zionis. (Sumber: barisanjihad.multiply.com).

PAK AHOK : BASUKI THAHAJA PURNAMA


Kok tiba2 pengen posting tentang Ahok (?) ah, pak ahok keren banget ^_^ , lihat pak ahok debat di metro tv didampingi pak jokowi, itu bener-bener keren banget..nyimak tentang program kesehatan yang langsung dijelaskan sama pak ahok yang saya rasa cukup berbeda dan menarik, menurut saya program kesehatan seperti itu membuat kita lebih dekat ke masyarakat dan lebih kepada  melayani. Siip pak ahok..

Siapa Ahok...yuk kenal lebih dekat ^_^

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (EYDBasuki Cahaya Purnamanama Tionghoa:Zhong Wan Xie / 钟万勰) (lahir di ManggarBelitung Timur29 Juni 1966; umur 46 tahun), atau paling dikenal dengan panggilan Hakka Ahok, adalah Wakil Gubernur DKI Jakartadari 15 Oktober 2012 yang mendampingi Gubernur Joko Widodo.
Sebelumnya Ahok merupakan anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 dari Partai Golkar namun mengundurkan diri pada 2012 setelah mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pemilukada 2012.[1] Dia pernah pula menjabat sebagai Bupati Belitung Timur periode 2005-2006. Ia merupakan etnis Tionghoa pertama yang menjadi Bupati Kabupaten Belitung Timur, yang populer sebutan masyarakat setempat dengan singkatan Kabupaten Beltim.
Pada tahun 2012, ia mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI berpasangan denganJoko Widodo, wali kota Solo. Basuki juga merupakan kakak kandung dari dr. Basuri Tjahaja Purnama, M.Gizi.Sp.GK.Bupati Kabupaten Belitung Timur (Beltim) periode 2010-2015.
Dalam pemilihan gubernur Jakarta 2012, mereka memenangkan pemilu dengan presentase 53,82% suara. Pasangan ini dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)

Senin, 15 Oktober 2012

FORENSIK : ALL IT WAS AMAZING PROF..

akhirnya kegalauan dalam satu minggu ini bisa terlewati dengan lancar, kegalauan ini mengakibatkan asam lambung meningkat drastis, mau makan tidak bisa, mau baca novel tidak bisa, mau ngapain aja tidak bisa (?) Lantas apa penyebabnya (?) apa perlu saya menjawab berdasarkan MCOD (multiple cause of death) (lagi ?), eh, lebih tepatnya multiple cause of Galau (?) Yaa, boleh lah ya..Karna forensik sangat amat berkesan bagi saya pribadi, dari awal hingga akhir, walaupun pada akhirnya jantung saya ini mau copot.

Ujian..ujian dan ujian.. sekali lagi saya dihadapkan dengan hari-hari yang menegangkan, mencengkeram, seakan-akan waktu akan menghabisi saya dengan memar bertubi-tubi, oh Tuhan..
Masalahnya adalah, penguji yang akan menguji saya tiada lain adalah dokter yang paling saya kagum-kagumi dari masa kuliah (Pre-Klinik), cara ngajarnya keren, kok keren ? adalah karena penyampaian ilmunya bagus, dengan menggunakan bahasa semudah untuk bisa dimengerti, Untuk ukuran saya yang low loading karena saya masih make pentium 1, koneksinya bisa cepet..hahah..That's way .. keren ^_^;Eh, malah masuk Forensik dapet penguji ujiannya adalah beliau, (senang (?))

                                                    saya                                                  prof

             (prof : apa buktinya kamu bilang kegagalan pernafasan?)
             (saya : e..e..e..adanya penekanann pada v..e na....)
             (prof : ya..coba disampingnya ...?)
       (saya : dalam hati ..aduhhh, *tepok jidat* jawaban ente salah nih, mampus ..pus !)
                                        
Kalo liat cara ujiannya beliau, HomyGod !! untuk seukuran saya sepertinya tidak bisa menyamai, entar yang ada hanya Heng, Blank, atau Erorr. Dan benar telah terbukti .... di antara puluhan yang ujian sama beliau saya lah yang rangkingnya paling terbawah, Oh No !! no... Menjijikkan : ( saya sangat payah, benar2 payah, bodoh, sebodoh-bodohnya... What is your Mind indah ??

DEKOMPOSISI

I. Pendahuluan
Kematian adalah suatu proses yang dapat dikenali secara klinis pada seseorang melalui tanda kematian yaitu perubahan yang terjadi pada tubuh mayat. Kematian  hanya dapat dialami oleh organisme hidup. Secara medis, kematian merupakan suatu proses dimana fungsi dan metabolisme sel organ-organ internal  tubuh terhenti. Dikenal beberapa istilah kematian, yaitu mati somatis, mati seluler, mati serebral, dan mati batang otak. Mati somatis (mati klinis) terjadi akibat terhentinya fungsi ketiga sistem penunjang kehidupan yaitu susunan saraf pusat, sistem kardiovaskuler dan sistem pernapasan, yang menetap.  Mati seluler adalah kematian organ atau jaringan tubuh yang timbul akibat terhentinya penggunaan oksigen serta metabolisme normal sel dan jaringan. 1,2
Perubahan pada tubuh dapat timbul dini pada saat meninggal atau beberapa menit kemudian. Tanda-tanda kematian dibagi atas tanda kematian pasti dan tidak pasti. Tanda kematian tidak pasti adalah penafasan berhenti, sirkulasi terhenti, kulit pucat, tonus otot menghilang dan relaksasi, pembuluh darah retina mengalami segmentasi dan pengeringan kornea. Sedangkan tanda pasti kematian adalah lebam mayat (livor mortis), kaku mayat (rigor mortis), penurunan suhu tubuh (algor mortis), pembusukan, mumifikasi, dan adiposera. Dalam proses pembusukan terjadi dua proses yaitu autolisis dan dekomposisi putrefactive.1,2

FORENSIK : PEMBAHASAN UJIAN LUKA TUSUK

Dari hasil pemeriksaan luar , belum ada tanda-tanda pembusukan. Proses pembusukan akan dipercepat dengan adanya panas, pada suhu lingkungan di atas 200C misalnya pada daerah tropis, pembusukan akan dapat dilihat dalam waktu 24 jam. Bila suhu lingkungan sesuai dengan suhu optimal untuk pertumbuhan bakteri, maka pembusukan akan cepat terjadi. Tanda awal pembusukan akan tampak sebagai warna kehijauan pada daerah perut kanan bawah di mana usus besar di daerah tersebut banyak mengandung cairan dan bakteri. Pada akhir minggu pertama tubuh akan seluruhnya berwarna kehijauan dan akan tampak warna merah ungu. Pembentukan gas dalam tubuh akan dimulai pada awal minggu kedua, akan dimulai di lambung dan usus yang menyebabkan dinding perut tampak tegang.
·  Dari hasil pemeriksaan dalam, didapatkan limpa mengkerut, dan pada gambaran mikroskopik tampak sinusoid tidak terisi darah. Hal ini menunjukkan adanya kegagalan sirkulasi dilihat dari adanya perdarahan dimana tampak  bekuan darah pada rongga dada sebelah kiri sebanyak lima ratus enam puluh mililiter. Bekuan darah ini merupakan tanda adanya luka intravital, dimana adanya faktor koagulasi yang berperan dalam proses pembekuan. Koagulasi diawali dalam keadaan hemostatis dengan adanya cedera vaskular. Vasokonstriksi merupakan respon segera terhadap cedera, yang diikuti dengan adhesi trombosit pada kolagen pada dinding pembuluh yang terpajan dengan cedera. ADP dilepas oleh trombosit menyebabkan agregasi trombosit ditambah oleh faktor III sehingga mempercepat pembekuan plasma. Terjadi reaksi “kaskade”, aktivasi satu prokoagulan menyebabkan aktivasi bentuk pengganti melalui rangkaian jalur intrinsik maupun ekstrinsik. Jalur intrinsik diawali dari plasma yang keluar terpajan dengan kulit atau kolagen di dalam pembuluh darah yang rusak. Faktor XII, XI, IX harus dilibatkan sebelum faktor X diaktivasi. Langkah berikutnya adalah pembentukan fibrin yang berlangsung jika faktor Xa, dibantu oleh fosfolipid dari trombosit yang diaktivasi, memecah protrombin, membentuk trombin yang selanjutnya memecahkan fibrinogen menjadi fibrin.2

FORENSIK : PEMBAHASAN UJIAN PENGGANTUNGAN

1.    Pada pemeriksaan luar didapatkan :
1.1      Pada pemeriksaan mata di dapatkan kelopak mata kanan dan kelopak mata kiri tertutup. Penonjolan mata tidak ada. Pupil mata melebar pada kedua mata. Selaput bening (kornea) keruh dan selaput putih mata (sklera) keruh pada mata kanan dan mata kiri. Terdapat bintik-bintik perdarahan pada mata kanan dan mata kiri.
Pembahasan : Pupil mata melebar disebabkan oleh karena relaksasi dari muskulus pupilaris, walaupun ada sebagian ahli yang  menganggap ini sebagai proses rigor mortis. Diameter pupil sering dihubungkan dengan sebab kematian seperti lesi di otak atau intoksikasi obat seperti keracunan morphin dimana sewaktu hidup pupil menunjukkan kontraksi. Akan tetapi, Price memeriksa mata dari 1000 mayat dan menyimpulkan bahwa keadaan pupil tidak berhubungan dengan sebab kematian, dan kematian menyebabkan pupil menjadi dilatasi atau cadaveric position.(1,2)
      Kekeruhan pada selaput bening mata (kornea) akan timbul beberapa jam setelah kematian tergantung dari posisi kelopak mata. Akan tetapi, Marshall mengatakan kornea akan tetap menjadi keruh tanpa dipengaruhi apakah kelopak mata terbuka atau tertutup. Sering ditemukan kelopak mata tertutup secara tidak komplit hal ini terjadi oleh karena kekakuan otot kelopak mata. Dalam keadaan mata tertutup maupun terbuka, kornea menjadi keruh kira-kira 10-12 jam pasca mati. Jika mata tetap dalam keadaan tertutup,kekeruhan pada kornea secara keseluruhan dan tampak jelas dalam waktu 12-24 jam setelah kematian.(1,2,3,4)
         Perubahan pada selaput putih mata (sklera) dikenal dengan nama taches noires sclerotiques. Bila kelopak mata tetap terbuka, sklera yang berada disekitar kornea akan mengalami kekeringan dan perubahan warna menjadi kuning dalam beberapa jam yang kemudian berubah menjadi coklat kehitaman, area yang berubah warna ini berbentuk triangular dengan basis pada perifer kornea dan puncaknya di epikantus. (1,2,3,4,5,6,7)

TRACE EVIDENCE

A.      Pendahuluan
Berdasarkan prinsip bahwa “setiap kontak meninggalkan bukti”, pakar-pakar forensik meneliti bahwa terdapat beberapa benda terkecil yang dapat dijadikan bukti.Definisi “trace” pada fase “trace evidence” adalah suatu hal problematik. Secara umum, ilmu kedokteran forensik menggunakan istilah “trace evidence” untuk menjelaskan semua bukti sekecil apapun, atau lebih khusus lagi adalah semua bukti yang dianalisis dengan menggunakan teknik mikroskopik.1,2
Sebagian besar barang bukti bersifat nyata.Secara umum merupakan bagian dari kriminal dan ditemukan pada tempat kejadian perkara. Rambut, sidik jari, cat, darah, dan jejak kaki merupakan contoh-contoh dari barang bukti.3

B.       Penemuan Barang Bukti di Tempat Kejadian Perkara
Hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh para investigator dalam menyelidiki tempat kejadian perkara, antara lain:4
1.         Senjata aktif mungkin dapat ditemukan
Investigator harus memeriksa tubuh korban.Jika masih terdapat senjata aktif, seperti handgun, benda tersebut harus disingkirkan terlebih dahulu oleh pihak yang berwajib sebelum dilakukan pemeriksaan. Hal ini berguna untuk kepentingan dokumen penyidikan.4
2.         Kematian seseorang harus dikonfirmasi kembali
Hal ini mungkin terlihat sebagai sesuatu yang jelas, walaupun demikian ini adalah suatu langkah yang logis. Pemeriksaan meliputi: nadi, laju pernapasan, dan refleks-refleks fisiologis.4

Jumat, 28 September 2012

PENENTUAN UMUR LUKA MEMAR


I.                   PENDAHULUAN
 Traumatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang luka dan cedera serta hubungannya dengan berbagai kekerasan (ruda paksa), sedangkan yang dimaksud dengan luka adalah suatu keadaan ketidaksinambungan jaringan tubuh akibat kekerasan. Berdasarkan sifat serta penyebabnya, kekerasan dapat dibedakan atas kekerasan yang bersifat mekanik yaitu kekerasan oleh benda tajam, kekerasan oleh benda tumpul dan  tembakan senjata api. Kekerasan yang bersifat fisik yaitu suhu, listrik dan petir, perubahan tekanan udara, akustik dan radiasi sedangkan yang bersifat kimia yaitu asam atau basa kuat.1
Luka yang terjadi akibat kekerasan benda tumpul dapat berupa memar (kontusio, hematom), luka lecet (ekskoriasi, abrasi) dan luka terbuka atau robek (vulnus laseratum). Memar adalah suatu perdarahan dalam jaringan bawah kulit atau kutis akibat pecahnya kapiler dan vena yang di sebabkan oleh kekerasan benda tumpul. Luka memar kadang kala memberi petunjuk tentang bentuk benda penyebabnya, misalnya jejas ban yang sebenarnya adalah suatu perdarahan tepi (marginal haemorage).1
Letak, bentuk dan luas luka memar dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti besarnya kekerasan, jenis benda penyebab (karet, kayu, besi), kondisi dan jenis jaringan (jaringan ikat longgar, jaringan lemak), usia, jenis kelamin, corak dan warna kulit, kerapuhan pembuluh darah, penyakit (hipertensi, penyakit kardiovaskular, diathesis hemoragik).Umur luka memar secara kasar dapat diperkirakan melalui perubahan warnanya.1
Dari sudut pandang medikolegal, interpretasi luka memar dapat merupakan hal yang penting, apalagi bila luka memar tersebut disertai luka lecet atau laserasi. Dengan perjalanan waktu, baik pada orang hidup maupun mati, luka memar akan memberi gambaran yang makin jelas.1  
II.                DEFINISI
Luka memar (bruise/contusion) adalah suatu perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah kapiler dan vena dalam jaringan bawah kulit atau kutis yang di sebabkan oleh kekerasan benda tumpul (blunt force injury), perdarahan yang terjadi menyebabkan darah meresap ke jaringan sekitarnya.(1,2)

Senin, 24 September 2012

Dear My Lord


Dear My Lord.......
Oh, betapa lelahnya hamba akhir-akhir ini ya allah...... izinkanlah saya bercerita tentang
kegalauan hati ini, pada siapakah lagi hamba mengadu, hanya Engkaulah yang lebih tau semua ini, kuatkanlah hambamu yang lemah ini, saya hanya ingin menangis, tak tau apalah semua ini, ketakutan-ketakutan yang belum pasti adanya sangat menganggu pikiran yang sesungguhnya tak perlu. 

Ah ! mengapa saya harus bertanya mengapa saya?? 
sungguh..sungguh bukan hal yang perlu untuk bertanya macam itu, ini adalah skenario terbaik dibuat olehMu yang saya tidak tahu, saya mestinya yakin akan itu.. 
apakah saya tidak mengingat hal sebelum2nya ? betapa engkau ada, dan memberikan sesuatu terbaik pada hamba yang orang lain inginkan ? 
oh ! betapa bodohnya saya ....................

mestinya saya tidak memikirkan hal semacam ini,
 ini adalah masalah waktu dan proses, saya perlu menyadari jika proses ini adalah untuk membuat saya lebih berani, lebih banyak belajar, dan lebih kuat??? 
bukankah demikian ?? 
jika tidak demikian yang saya pikirkan..pasti engkau menyimpankan sesuatu yang  berharga dibalik semua ini.
yah !! be positif......maka dunia akan mendukungku juga.

Figting !!

Minggu, 16 September 2012

TERE LIYE : Urusan Perasaan dan Perasaan


*Urusan perasaan, perasaan, dan perasaan
Credit : Darwis Tere Liye on Facebook


Saya akhirnya menulis tentang ini, sebenarnya akan lebih baik jika kalian berproses menemukan pemahaman ini, proses yg kelok-kelok, terjaga, penuh kehormatan, selamat tiba di ujungnya. Itu akan lebih spesial, membekas, lantas mengenang semuanya sambil tertawa, ah, dulu ternyata semua itu lucu ya. 

Tapi baiklah, karena page sy ini persentase anggota remaja

hingga usia 22-nya tinggi sekali, dan jika sy tdk hati2, malah bisa salah paham, ada yg seolah2 mendapatkan pembenaran, maka akan sy rangkum beberapa poin penting urusan perasaan menurut versi tere liye (yg akan kalian jumpai paralel konsepnya dgn di novel, buku2).

1. Jatuh cinta itu manusiawi. Urusan perasaan, urusan membolak-balik hati itu adalah milik Allah. Boleh jatuh cinta? Ya boleh, tidak ada ulama dari mazhab manapun yg melarang jatuh cinta lawan jenis, mengharamkannya. Apalagi, duhai, seperti terjatuh, kita tdk pernah tahu kapan jatuh cinta itu terjadi. Tiba2 perasaan itu sudah mekar tak berbilang. 

2. Lantas, kalau kalian jatuh cinta, so what? Nah, ini bagian yg menariknya. Kalian mau menyatakan perasaan itu? Lantas so what? Kalian mau dekat2 dgn seseorang itu? Kalian mau telpon2an, tahu dia sedang apa, apakah bisulnya sudah sembuh, apakah panunya tidak melebar, apakah konstipasinya sudah hilang, sudah bisa ke belakang? Kebanyakan di usia remaja, hingga 20-an something, lantas kemudiannya ini yg tidak jelas. Pacaran? Tidak pacaran? Langsung menikah?

3. Ketahuilah, kita hidup dalam norma2, nilai2, batasan2 yg harus dihormati. Kecuali kalau kalian menolak norma2, nilai2, batasan2 tersebut, silahkan (dan berhenti sudah meneruskan membaca notes ini, karena kalian sudah tdk se-zona waktu lg dgn tulisan ini). Itu benar, memiliki perasaan itu kadang serba salah, makan tak enak, tidur tak enak. Itu benar, ada keinginan utk tahu apakah seseorang itu balik menyukai, keinginan utk bilang, cemas nanti dia digaet orang. Tapi kalau hanya ini argumen kalian, oh dear, orang2 sakau, ngobat, lebih tersiksa lagi saat dipisahkan dr hobinya tersebut. Mereka bisa mencakar2, bahkan melukai diri sendiri hingga begitu mengenaskan dan (maaf) is dead. Sy rasa, seingin apapun kalian jumpa dia, paling cuma nangis, tidak akan mati. Itulah kenapa hidup kita ini punya peraturan, agar semua orang bisa punya pegangan, selamat dr merusak dirinya sendiri. Sy tdk akan menggunakan dalil2 agama dalam notes ini--karena orang2 yg pacaran, kadang risih mendengarnya. Jadi kita sama2 kuat, sy pakai logika kalian sj.

Jumat, 14 September 2012

TERE LIYE : Rembulan Tenggelam di Wajahmu


"Hidup tidak akan ada yang sia-sia" maka jangan pernah mengatakan bahwa "apakah hidup ini adil?"setiap manusia di dunia pasti pernah sekali-kali berkata dibenaknya "apakah hidup ini adil?"


Intinya,pada Novel ini,TERE LIYE mengajarkan kita bahwa sejatinya tidak ada HIDUP Yang SIA-SIA, maka jawablah semua persoalan hidup ini dengan pandai bersyukur. Ketika kamu muak, kecewa dengan hidupmu maka selalulah melihat keatas dan ketika kamu bahagia,senang,puas dengan hidupmu maka selalulah melihat kebawah..sehingga kau bisa belajar dari kehidupanmu sendiri, yaitu bersyukur. 

Dengan bersyukur maka hidupmu tidak akan pernah terasa kosong,hambar dan tentunya tidak ada hidup yang sia-sia.

Novel ini sangat sarat akan nasehat2 hidup yang menyegarkan,hubungan sebab-akibat dalam kehidupan,kesetiaan,persahabatan,kekeluargaan, keberanian..semua akan dibahas dalam kisah Rehan,seorang yatim piatu yang telah mengetahui jawaban atas lima pertanyaan dalam kehidupannya.

--selama membaca..sangat RECOMMENDED ^_^-- 

Rabu, 12 September 2012

Lee Seung Gi and Han Hyo Joo in Same Motif Cardigan and Long T-shirt.



--------------------------Lee Seung Gi--Han Hyo Joo-------------------------


Jumat, 07 September 2012

TERE LIYE. Kau,Aku,dan Sepucuk Angpau Merah.


Tere Liye  dalam karyanya “Kau,Aku,dan Sepucuk Angpau Merah” adalah salah satu novel  terbaik yang selesai saya baca, yah ! novel ini adalah novel pertama yang saya baca diantara beberapa karya Tere liye yang lain. Karya-karyanya yang telah terbit adalah kebanyakan  terjejer  rapi di kumpulan buku rak best seller.
Jujur, awalnya saya sangat penasaran dengan karya-karya Tere Liye, pernah suatu hari saya membuka satu blog yang berisi kumpulan sinopsis novel dan jurnal,.Novel dengan penulis Tere Liye sangat mendominasi dibanding novel lainnya. Saya mencoba membaca satu persatu sinopsisnya, dan saya mengintip satu judul yang kelihatannya sangat menarik “daun yang jatuh tak pernah membenci angin” sepintas membaca judulnya saya pikir kalau isinya pasti menarik.
Jadilah saya memantapkan hati untuk membeli satu novel karya Tere Liye. Tapi,tadi saya bilang, judul yang saya katakan menarik itu tidak jadi saya beli :p. Eh! Saya malah belinya yang ini “kau,aku, dan sepucuk angpau merah” entah kenapa saya tertarik beli yang ini ? karena menurut pendapat yang Empunya blog(baca:blog tempat saya membaca synopsis novel) mengatakan kalau diantara karya-karya tere liye yang sudah dia baca, menurutnya yang ini (baca :aku,kau,dan sepucuk angpau merah) adalah karya yang paling bagus. Yah ! ini adalah awalnya.
Dan tidak sia-sia, novel ini memang sangat bagus, intinya novel ini mengajarkan kita tentang Ketulusan, kerja keras, kejujuran,kesederhanaan dan tentunya  mengajarkan kita tentang cinta. Dibawah ini adalah sebagian kutipan segar dari tere liye, simaklah !
“Cinta adalah perbuatan. Kau selalu bisa memberi tanpa sedikit pun rasa cinta, tetapi kau tidak akan pernah bisa mencintai tanpa selalu memberi. Cinta itu bukan gombal melainkan cinta yang diwujudkan melalui perbuatan”

Jumat, 31 Agustus 2012

FORENSIK, contoh pengambilan foto


Helu Readers, How's Life ?
welcome and Happy september, semoga harimu menyenangkan ^_^
Kali ini bahasannya tentang stase koass di forensik, bagi para seungjoo shipper yang rindu akan tulisan saya diharapkan bersabar, new posting seungjoo rilisnya baru kemaren kan ya.heheh.

Forensik,
Salah satu bagian yang tidak terlalu saya pahami, cukup rumit, butuh penalaran dan logika yang tinggi untuk belajar disini. Saya gak terlalu punya bakat di bidang ini, cukup nyantai sih yaa, tapi tetep smangat kok ^_^. Minggu pertama di suruh buat mind mapping 9 lembar dengan materi yang berbeda-beda, gimana tangan gak Rivor mortis tuh ...hahahah, sama diajarin jepret objek, jepret kali ini diajarin jepret luka korban.

                     
                               (1)                                                            (2)

keterangan : (1) foto regio (2) foto close up (3) foto all body


                                                                                 (3)


Jumat, 24 Agustus 2012

Analisa kasus DIABETES dan HIPERTENSI.



            Yanto 63 tahun mendatangi sebuah klinik di sebuah rumah sakit bilangan Jakarta timur. Dia mengeluhkan ada gangguan pada matanya. Ketika berkonsultasi dengan dokter umum, dia disarankan untuk berkonsultasi ke bagian penyakit dalam. Apalagi dari hasil pemeriksaan tekanan darah, tekanan darah yanto sangat tinggi.

           “dokter saya itu mengira, saya terkena retinopati diabetika. Apalagi saya adalah penderita diabetes,” ujar pensiunan tentara itu. Yanto terdiagnosa menderita diabetes mellitus tipe 2 lima tahun yang lalu, secara tidak sengaja. Pada awalnya, bapak tiga anak itu hanya datang ke dokter dengan keluhan pneumonia. “ saya sama sekali tidak sadar kalau saya kena diabetes, karena peyakit ini tidak menunjukkan gejala apapun,”katanya mengenang.

            Dokter penyakit alam melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap yanto. Memang benar perkiraan dokter seelumnya, bahwa dia mengalami retionpati diabetika dan makulopati. Tetapi, tidak ada gejala neuropati diabetika, dan tidak diketauhi adanya penyakit kardiovaskuler. Yanto mengalami obesitas dengan indeks massa tubuh 32 kg/m2. saat itu yanto menggunakan metformin, statin,aspirin dosis rendah dan enalapril 20 mg/hari.