Popular

Rabu, 01 September 2010

PEMICU BERSIN BERSIN DI PAGI HARI


Jakarta, Bersin-bersin di pagi hari sering dialami beberapa orang. Hal ini biasanya terjadi saat baru bangun tidur atau baru selesai mandi. 
Apa pemicu orang selalu bersin di pagi hari?

Bersin di pagi hari bisa jadi merupakan kejadian yang biasa dialami oleh penderita alergi dan terjadi selama beberapa menit setelah ia bangun tidur.

Kondisi ini kadang disertai dengan hidung yang memerah serta mata berair. Namun jarang sekali ditemukan bersin ini berlanjut hingga siang hari atau sepanjang hari.

Seperti dikutip dari Digitalhealthlive, Rabu (1/9/2010) ada berbagai hal atau kondisi yang bisa memicu seseorang bersin-bersin di pagi hari, yaitu:

 Reaksi alergi terhadap suatu alergen, bersin-bersin yang timbul bisa akibat debu yang ada di kamar, di dalam rumah, rumput dan serbuk sari, bulu binatang atau udara kotor yang terhirup saat bangun tidur.
Sebagai bentuk reaksi fisiologis yang umum, hal ini karena selama tidur suhu tubuh seseorang secara alami akan menurun. Silia (rambut-rambut kecil yang ada di lubang hidung) memperlambat gerakannya untuk mengeluarkan debu yang terperangkap di hidung. Setelah terbangun, tubuh mencoba untuk mengusir semua debu yang terkumpul di hidung sehingga memicu respons bersin.
Tubuh sensitif terhadap udara dingin di pagi hari, terutama di musim hujan atau saat seseorang baru selesai mandi.

Karena itu seseorang harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab bersin-bersinnya agar bisa mengatasi kondisi tersebut. Jika bersin-bersin diakibatkan oleh alergi, ketahui alergen apa yang bertindak sebagai pemicunya.

Biasanya alergi mengacu pada kondisi hipersensitivitas dari sistem kekebalan tubuh, hal ini berarti respons tersebut muncul akibat adanya zat tertentu yang diidentifikasi sebagai patogen atau zat asing oleh tubuh.

Fungsi utama dari sistem kekebalan (sistem imun) adalah melindungi tubuh terhadap segala sesuatu yang diduga bisa memicu respons dari sel-sel kekebalan. Karenanya ketika seseorang sudah makan pagi atau sarapan, sistem kekebalan tubuhnya mulai meningkat dan bersin-bersin cenderung menghilang. Ini juga menjadi salah astu penyebab kenapa bersin hanya terjadi saat pagi hari saja.

Sebelum seseorang bersin, alergen akan membuat kontak dengan lapisan hidung dan memicu reaksi kimia dengan sistem kekebalan tubuh. Reaksi kimia di daerah hidung tersebut akan menimbulkan rasa 'gatal', sehingga merangsang hidung agar bersin untuk mengeluarkan alergen tersebut.

Terkadang reaksi alergi ini juga menghasilkan lendir yang akan mengalir ke bagian belakang tenggorokan. Lendir ini nantinya akan mengganggu bagian belakang tenggorokan dan merangsang respons batuk. Karena itu bersin di pagi hari bisa juga disertai dengan batuk.

sumber : detik health
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..