Popular

Sabtu, 15 Mei 2010

YUK..NONTON FILM KOMEDI. TERTAWA MENYEHATKAN.

Penggemar serial friends dan film komedi lain, boleh bergembira.Bahwa “tertawa itu sehat” tidak mengada ada. Riset menunjukkan, tertawa memiliki efek positif yang nyata terhadap kesehatan, dan bisa menjadi obat yang ampuh. Sebuah studi meneliti 20 orang sehat dengan rerata usia 33 tahun, diminta untuk menonton film komedi dan atau serius. Selama nonton film komedi, ternyata fungsi pembuluh darah menjadi sehat. Tertawa menyebabkan endothelium (jaringan yang membentuk dinding bagian dalam pembuluh darah) meluas dan aliran darah lancar, sehingga tekanan darah turun. Hal yang berlawanan terjadi pada partisipan yang menonton film menegangkan. Ini menunjukkan, ada hubungan antara stress mental dan penyempitan pembuluh darah.

Sebuah studi lain menemukan, nonton film humor bisa membantu pengobatan pada produksi IgE (jenis antibody yang memicu reaksi alergi) local dan alergi di saluran reproduktif. Sementara peneliti di University of Maryland percaya, tertawa membuat tubuh melepaskan endorphin, penghilang rasa sakit alami yang meningkatkan rasa percaya diri dan bisa menghilangkan efek dari hormone penyebab stress, meluaskan pembuluh darah. Juga membantu meningkatkan system immune dan mengurangi radang di tubuh.
Dan peneliti di jepang menemukan peran tertawa dalam membantu penderita diabetes mellitus tipe 2. Ada penurunan gula darah secara signifikann, ketika diabetes (penderita diabetes nonton film komedi, dibandingkan ceramah yang membosankan). Manfaat lain tertawa : relaksasi dan menurunkan tensi otot, membersihkan paru dengan mengeluarkan mucus (selaput lender) penyumbat paru dan efek aerobic, yang meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan oksigen
SUMBER : OTC digest

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..