Popular

Senin, 21 Juni 2010

INSOMNIA PINTU GANGGUAN JIWA


Psike atau gangguan jiwa disebabkan oleh berbagai fakor,yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari .Misalnya, masalah ekonomi dan social yang terlalu berat sehingga tidak mampu diatasi.akibatnya menjadi beban pikiran (depresi/stress) sampai sulit tidur (insomnia). Hal itu ditegaskan para peniliti dari Harvard Medical School dan Universitas of California di Berkeley,USA.
Dinyatakan, orang yang banyak pikiran dan menjadi kurang tidur akan mengalami resiko lebih besar mengalami gangguan jiwa. Tidur yang kurang mengakibatkan beberapa fungsi tubuh berkurang. Diantaranya,pengaturan sistem kekebalan tubuh dan sistem metabolisme yang berakibat pada melemahnya daya belajar dan daya ingat. Emosi juga menjadi tidak normal.
Para peneliti melakukan riset terhadap 35 partisipan yang tidur selama 32 hari untuk diteliti aliran peredaran darah di otaknya. Menggunakan alat functional magnetic resonance imaging (FMTI), para peneliti dapat melihat bagian otak mana yang mengalami peningkatan aktivitas. Untuk mengujinya, para partisipan ditidurkan sejenak. Setelah bangun, mereka diminta untuk melihat gambar yang mampu merespon emosi, Hasilnya, emosi mereka mampu menangkap perasaan sedih dan senang. 
Hal itu ditunjukkan oleh bagian otak amygdale,yang menunjukkan peningkatan aktivitas sebesar 60%, dibandingkan dengan orang yang tidur normal. Amygdala adalah bagian otak yang berhubungan dengan reaksi emosional manusia. Dari penelitian tersebut disimpulkan,kondisi emosional yang diakibatkan kurang tidur dapat berakibat munculnya respon-respon yang berlebihan.
Dalam medicalnewstoday.com periser Matthew Walker mengatakan, jika seorang tidk tidur maka otak akan beraktivitas tidak normal. Otak tidak akan mampu mengolah segala pengalaman emosional yang masuk kedalam otak, untuk diproses menjadi respon yang baik, tepat,dan terkendali. Beberapa studi juga mengindikasikan, pasien yang mengalami psike umumnya mengalami gangguan tidur.

sumber : Ethical Digest
Reactions:

1 komentar:

  1. beh bagusnya ini k..


    behh saya mi ini termasuk org2 insomnia...huaaa,,oh noooo

    BalasHapus

mampir comment dulu sodara..