JANGAN PAKAI ODOL LAGI KALAU TERJIPRAT MINYAK


Pernah kejiprat minyak gak? atau ditumpahi air panas ? jawabannya hampir semuanya pernah. Tapi tindakan pertama yang harus anda lakukan kalo mengalami ha tersebut gimana ? pasti semuanya pada lari ke kamar mandi nyari-nyari odol. Hmm, tapi..kenapa mesti odol ? (resep nenek moyang yah),kok gak sekalian belok kedapur bubuhi gula sekalian.haha
Tahukah anda, kalau odol tidak baik diberikan pada kasus-kasus luka bakar,sekecil apa pun itu. Kulit yang terkena luka bakar biasanya terasa panas dan seperti orang melepuh sehingga menimbulkan rasa tak nyaman di badan. Dan tidak sedikit masyarakan awam mengobatinya dengan hanya mengolesi odol.

"Saat tubuh terkena luka bakar, maka dengan sendirinya tubuh akan mengeluarkan cairan untuk mengobatinya," ujar Elsya Ovihardini, Asisten Trainer Medic One dalam acara Live Saver CPR Competency di Wisma GKBI, Jakarta.

Elsya menambahkan saat terjadi luka bakar maka jaringan kulit akan rusak, pengobatan yang paling baik adalah cukup dialirkan dengan air saja.

"Jika diolesi dengan odol atau margarin maka bisa menutupi kulit dan menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tubuh dan juga bisa menghambat petugas medis untuk mengobati," tambahnya.

Nah..uda paham belum ? jadi kalo anda terkena jipratan minyak saat menggoreng cukup anda bersihkan pada air yang mengalir. jangan dioles yang macem-macem. Tapi kalau luka bakarnya cukup besar karena tertumpah air panas, segera larikan cepat ke RS, agar tidak terjadi infeksi yang lebih lanjut.

Komentar

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..

Postingan Populer