Popular

Sabtu, 24 Juli 2010

CARA MENGATASI KESALAHAN BERENANG BAGI PEMULA

Ekspektasi yang terlalu besar terhadap diri sendiri sering kali menjadi bumerang bagi para pemula saat memulai olahraga renang. Mereka berpikir bahwa mereka mampu berenang selama setengah jam, tetapi dua menit kemudian, mereka berhenti karena kehabisan napas.

Renang tidak seperti olahraga kardiovaskular lainnya, yang bisa langsung dilakukan dalam jangka waktu yang singkat. Berlatih di dalam air membutuhkan sistem kardiovaskular dan kerja otot yang berbeda dengan yang dilakukan di daratan. Selain itu, otot harus bekerja sebagai tim saat berenang agar Anda bisa tetap bergerak dan mengapung.

Jika Anda ingin memulai olahraga renang yang benar, maka mulailah dengan pemanasan selama sepuluh menit. Renggangkan semua sendi dan otot tubuh untuk menghindari keram.

Saat Anda lompat ke dalam kolam, jangan harapkan bisa berenang secara konstan dalam 15 menit. Sebaiknya, berenanglah dari satu sisi ke sisi lain kolam renang, kemudian kembali lagi ke sisi awal dan berhentilah selama 30 detik dan kemudian berenang lagi. Lakukan hal ini dalam lima hingga 10 kali.

Variasikan latihan ini dengan gaya yang berbeda. Dengan begitu, maka renang akan semakin menyenangkan sehingga Anda tidak mudah bosan.

Lakukan latihan tersebut pada minggu pertama sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Kemudian tingkatkan intensitasnya di minggu ke dua dan seterusnya.

sumber : detik health
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..