Popular

Selasa, 31 Agustus 2010

ENZIM AIRMATA JADI PELINDUNG DARI ANCAMAN ANTRAKS


Arkansas, Air mata manusia tak hanya berguna membersihkan mata. Ilmuwan telah menunjukkan bahwa enzim antibakteri yang terdapat pada air mata dan cairan tubuh manusia bisa memberikan perlindungan terhadap kontaminasi Antraks.

"Data dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan makanan yang lebih aman untuk konsumsi manusia," ujar Saeed A. Khan dari Pusat Penelitian Nasional Toksikologi di Jefferson, Arkansas, seperti dilansir dari Medindia, Selasa (31/8/2010).

Khan menjelaskan bahwa di dalam air mata manusia terkandung enzim lisozim yang dapat membunuh bakteri tertentu. Enzim ini bekerja dengan menghancurkan dinding sel bakteri, yaitu kulit terluar yang bersifat kaku dan merupakan lapisan pelindung.

"Enzim lisozim memiliki potensi untuk menghilangkan bakteri Antraks dalam produksi makanan olahan," jelas Khan.

Selain di air mata, enzim ini banyak ditemui dalam cairan tubuh lainnya. Enzim lisozim kadang-kadang disebut juga dengan antibiotik tubuh sendiri.

Dalam penelitian, Khan dan rekannya menggunakan strain bakteri yang dianggap sebagai pengganti Antraks, karena berperilaku kurang lebih sama dengan strain Antraks tetapi tidak menyebabkan penyakit.

Peneliti mempelajari kelangsungan hidup spora pada putih telur ayam dan menemukan bahwa lisozim dalam putih telur sangat efektif dalam membunuh spora Antraks. Lisozim juga menunjukkan beberapa aktivitas dalam membunuh spora yang ditambahkan pada daging dan susu sapi.

Peneliti telah melaporkan penelitian ini pada National Meeting of the American Chemical Society (ACS) ke-24.

SUMBER : DETIK health
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..