KENALI MACAM MACAM SAKIT PERUT


Sakit perut banyak dialami orang justru setelah habis makan. Ada yang ringan karena kebanyakan makan tapi ada juga yang berbuntut serius. Yuk kenali macam-macam sakit perut setelah makan!

Dikutip dari Livestrong, Jumat (8/10/2010) sakit perut ringan yang timbul setelah makan kemungkinan akibat terlalu banyak makan atau kelebihan pembentukan gas di dalam perut. Namun jika sakit perutnya parah dan sering berulang, kemungkinan menunjukkan adanya kondisi yang lebih serius.

Macam-macam sakit perut setelah makan:

1. Terlalu banyak, dalam arti kuantitas makanannya lebih besar daripada yang bisa dicerna tubuh.
Jika itu yang terjadi maka akan membuat seseorang merasa mengantuk dan lelah yang membuat orang lebih suka duduk atau tidur. Hal inilah yang biasanya menyebabkan nyeri perut setelah makan.

Makan terlalu banyak terutama yang tidak sehat dan tidur setelah makan bisa mengganggu proses pencernaan yang dapat mengarah ke berbagai masalah terutama di sistem pencernaan.

2. Sakit yang terjadi secara intensif di bagian bawah sebelah kanan perut.
Hal ini kemungkinan disebabkan oe4. Disebabkan oleh pankreatitish usus buntu. Terutama jika diikuti oleh mual, muntah atau demam ringan.

3. Terdapat batu empedu
Jika terjadi nyeri perut di bagian kanan atas perut. Nyeri ini bisa menyebar ke punggung atas kanan, bahu kanan atau dada.

Jika terjadi sakit perut yang parah di bagian atas perut yang terjadi setelah 6-12 jam mengonsumsi makanan berat. Nyeri ini dimulai pada perut bagian atas dan menyebar ke samping dan belakang yang mungkin diikuti oleh mual, denyut jantung meningkat atau demam.

5. Jika terjadi nyeri perut yang ekstrim setelah makan, ada kemungkinan akibat radang panggul, serangan jantung, adanya ulkus di lambung atau keracunan makanan.

source : detik health


Komentar

Postingan Populer