Popular

Minggu, 10 Oktober 2010

Penyebab Jerawat dan Alzeimer Sama ? Baca Selengkapnya


Beijing, Alzheimer dan jerawat adalah bagai bumi dan langit. Alzheimer adalah penyakit kehilangan memori otak sedangkan jerawat adalah masalah kulit. Tapi peneliti menemukan jerawat tertentu penyebabnya sama dengan alzheimer.

Jerawat khusus yang penyebabnya sama dengan alzheimer ini adalah jerawat yang tumbuh di ketiak dan paha. Memang tidak biasa, karena umumnya jerawat muncul di muka.

Tapi penelitian baru menemukan bahwa penyebab tumbuhnya jerawat di ketiak dan paha juga bisa menyebabkan Alzheimer. Studi baru tentang mekanisme genetik, mengaitkan penyebab acne inversa dengan penyakit Alzheimer.

Acne inversa ini merupakan gangguan kulit langka yang sangat mirip dengan jenis jerawat, tetapi bintik mirip jerawat ini hanya muncul di daerah tertentu seperti ketiak dan paha bagian dalam.

Menurut peneliti, mutasi gen PSEN1 yang menyebabkan Alzheimer ternyata juga dapat menyebabkan acne inversa alias jerawat ketiak. Tapi menariknya, meski penyebabnya sama kedua penyakit ini tidak berkaitan dengan sama lain.

"Meskipun Alzheimer dan acne inversa tampaknya disebabkan oleh mutasi pada PSEN1, belum ada kasus yang dilaporkan bahwa kedua penyakit ini terjadi secara bersamaan," ujar Xue Zhang dari Peking Union Medical College di Beijing, seperti dilansir dari Livescience, Sabtu (9/10/2010).

Menurut Zhang, peneliti terkejut bahwa mutasi PSEN1 juga bisa menyebabkan jerawat di ketiak.

Awalnya, mutasi PSEN1 terkait dengan gejala awal Alzheimer. Mutasi ini mempengaruhi protein yang disebut gamma-secretase, yang terlibat dalam perkembangan plak protein pada otak penderita Alzheimer.

"Dengan hasil temuan ini, kami berharap bisa menemukan obat untuk mengobati kedua penyakit sekaligus, yaitu Alzheimer dan jerawat langka acne inversa," jelas Zhang lebih lanjut.

Sejauh ini, belum ada obat yang mampu menyembuhkan Alzheimer. Obat yang menargetkan gamma-secretase untuk pasien Alzheimer masih dalam tahap uji klinis.

Penyakit Alzheimer bisa membuat seseorang kehilangan memori otaknya, hal ini membuatnya menjadi salah satu penyakit yang paling horor karena si penderitanya tak bisa mengingat dan melakukan apa-apa.

Sedangkan jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan yang bisa mengganggu kepercayaan diri apalagi ditambah dengan bekas jerawat yang susah dihilangkan.

source : detik health
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..