Popular

Jumat, 25 Maret 2011

JERAWAT DIHANCURKAN DENGAN BOM MINYAK KELAPA


San Diego, Dengan teknologi terbaru, asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa dan air susu ibu (ASI) bisa dikembangkan untuk obat jerawat. Senyawa tersebut ditembakkan langsung ke bakteri penyebab jerawat.

Jerawat (acne vulgaris) dialami oleh 85 persen remaja dunia yang dipicu oleh bakteri Propionibacterium acnes. Pengobatan jerawat saat ini sering menyebabkan efek samping bercak kemerahan dan rasa terbakar.

Namun perawatan dengan asam laurat bebas dari efek samping tersebut. Untuk membawa asam laurat langsung menuju bakteri penyebab jerawat, menggunakan teknologi yang disebut Smart Delivery System.

Penelitian ini ditemukan oleh Dissaya 'Nu' Pornpattananangkul, mahasiswi Bioteknologi di UC San Diego Jacobs School of Engineering seperti dilansir ScienceDaily, Jumat (16/4/2010).

Pada bom nano yang berisi asam laurat, ditempelkan partikel emas yang juga berukuran nano. Partikel tersebut akan menjaga bom nano yang disebut liposom agar tidak saling menempel.

Partikel emas itu membantu liposom menemukan lokasi bakteri berdasarkan kondisi kulit termasuk pH. Begitu liposom mencapai membran bakteri yang dimaksud, kondisi keasaman kulit akan mengarahkan partikel emas tadi untuk mendarat. Muatan asam laurat segera dikeluarkan untuk merusak membran bakteri.

Profesor Liangfang Zhang yang membimbing penelitian ini memberikan pujian, "Ketika obat diantarkan dengan tepat ke sasaran, maka efek antimikroba akan semakin manjur dan timbulnya efek samping semakin diminimalisir".

Temuan ini akan dipresentasikan di ajang Research Expo, sebuah konferensi riset tahunan di UC San Diego Jacobs School of Engineering. Nu hanya kebetulan saja memilih minyak kelapa, karena kelapa banyak terdapat di Thailand, negara tempat dia berasal.

source detik health
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..