The First Season in Neurologi Dept "Hemiparese" you must know it


Lepas bagian malah nganggurnya kelamaan *sigh* hmm,okay..it's okay, all is well ndah !! skarang saatnya ngposting, kadang malah males mau nulis apa, kmren saya janji bakal nulis momen2 lucu saat koskap pertama di bagian neuro, tapi......lagi blum mood ("_") hhh,im so sorry. jadinya, skrg lg mood nulis tentang ilmu yg sy dapet slama koskap di bagian neuro. Pasien2 kesmen (kesadaran menurun) bakalan banyak kalian dapat disini, dan sperti biasaa follow up perjam yg ngbuat para coass ga bakalan tidur semalaman. haha ( congratulation )*ketawa setan* 

okay, yg kadang ngbuat sy bingung adalah perbedaan hemiparese tipika dan alternans,letak lesi dan kelemahannya.. tp lepas bagian neuro artinya sy uda jago dong ^_^ nahh...kalo masuk bagian neuro, wajib tau perbedaan kedua hemiparese tersebut. Tapi sebelumnya harus tau MOTTOnya dulu, bunyinya kek gini : 

"Apapun Jenis Lesinya Jika Menduduki tempat yang sama di susunan saraf Pusat akan Memberikan Gambaran Klinis yang Sama " 

Nah..skarang kalo Hemiparese tipika ? alternans? lesinya dimana dok...? Hemiparese Tipika Lesinya berada di hemisfer sedangkan yang alternans Lesinya berada di batang otak. Hemiparese tipika akan memberikan gejala yaitu gangguan ekstremitas sesisi dengan nervus cranialis dan kontralateral terhadap lesi . Sedangkan Hemiparese Alternans akan memberikan gejala yaitu gangguan ekstremitas kontralateral terhadap lesi dan nervus cranialisnya. 

Makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh para coass neuro adalah "all about Stroke" HS dan NHS, pemfis harus oke !! Pemfis dimulai dari :GCS, status Vitalis, status Neurologi : FKL, Sensibilitas, RM(rangsang menings),KS(kernig signs),Nn Cranialis, Nn Cranialis lain, Motorik (Pergerakan, kekuatan,Tonus, Refleks Fisiologis, Refleks Patologis), SSO. 

Selain stroke, yang kudu' dan mesti dikuasai adalah tentang TETANUS, biasanya yang sering ditanya,bunyinya kek gini 
"apa yang menentukan Prognosis??" 
"bedanya kejang tetanus sama epilepsi?" 
"gejala awal tetanus ?" Trismus 
"Mengapa Trismus sebagai gejala awal tetanus? kenapa bukan kejang?" 
"pengobatan tetanus?"
 ___slamat menjawab_____ gampang kok kalo kalian tau teori ^_^ makanyaa harus rajin2 diskusi sama Residen. 

Selain tetanus, yang mesti diketahui adalah vertigo,NKTT,cephalgia,Trauma Capitis (commutio cerebri,contusio cerebri, EDH,Subdural Hematom,Fraktur Basis Cranii), HNP (hernia nukleus pulposus),Meningitis,Epilepsi,Rabies,Neoplasma di SSP. penyakit aneh2 laiinya yang mesti diketahui adalah : caisson disease,Gullian Barre sindrom, Mistenia Gravis, Parkinson,alzaimer, dll. 

Neuro emang susah2 gampang, tapi nurut saya neuro itu bagian seru dan asik,lucu, yg bikin lucunya sindrom GG (gaduh gelisah) ^_^ , jadwalnya padat dengan waktu yang sangat pendek (4 minggu ) ...bayangkan pemirsa !!!! kalo mau nglanjutin ppds di bagian neuro mnurut saya cukup murah, karena alatnya hanya memerlukan sebatang Hammer dan pen light ...hahaha..gimana ??? berminat tidak .... 

 okeyy, cukup sampe disini berbagi ceritanya, ntr dilanjutin dilain waktu yah.. bye .............

Komentar

  1. apa yg dimaksudkan dengan mmberi gejala sesisi nervus cranialis dan kontralateral terhadap lesi? bisa berikah contoh?

    BalasHapus

Posting Komentar

mampir comment dulu sodara..

Postingan Populer