TERE LIYE. Kau,Aku,dan Sepucuk Angpau Merah.


Tere Liye  dalam karyanya “Kau,Aku,dan Sepucuk Angpau Merah” adalah salah satu novel  terbaik yang selesai saya baca, yah ! novel ini adalah novel pertama yang saya baca diantara beberapa karya Tere liye yang lain. Karya-karyanya yang telah terbit adalah kebanyakan  terjejer  rapi di kumpulan buku rak best seller.
Jujur, awalnya saya sangat penasaran dengan karya-karya Tere Liye, pernah suatu hari saya membuka satu blog yang berisi kumpulan sinopsis novel dan jurnal,.Novel dengan penulis Tere Liye sangat mendominasi dibanding novel lainnya. Saya mencoba membaca satu persatu sinopsisnya, dan saya mengintip satu judul yang kelihatannya sangat menarik “daun yang jatuh tak pernah membenci angin” sepintas membaca judulnya saya pikir kalau isinya pasti menarik.
Jadilah saya memantapkan hati untuk membeli satu novel karya Tere Liye. Tapi,tadi saya bilang, judul yang saya katakan menarik itu tidak jadi saya beli :p. Eh! Saya malah belinya yang ini “kau,aku, dan sepucuk angpau merah” entah kenapa saya tertarik beli yang ini ? karena menurut pendapat yang Empunya blog(baca:blog tempat saya membaca synopsis novel) mengatakan kalau diantara karya-karya tere liye yang sudah dia baca, menurutnya yang ini (baca :aku,kau,dan sepucuk angpau merah) adalah karya yang paling bagus. Yah ! ini adalah awalnya.
Dan tidak sia-sia, novel ini memang sangat bagus, intinya novel ini mengajarkan kita tentang Ketulusan, kerja keras, kejujuran,kesederhanaan dan tentunya  mengajarkan kita tentang cinta. Dibawah ini adalah sebagian kutipan segar dari tere liye, simaklah !
“Cinta adalah perbuatan. Kau selalu bisa memberi tanpa sedikit pun rasa cinta, tetapi kau tidak akan pernah bisa mencintai tanpa selalu memberi. Cinta itu bukan gombal melainkan cinta yang diwujudkan melalui perbuatan”


“Untuk orang-orang  yang jujur atas kehidupan, bekerja keras, dan sederhana, definisi cinta sejati akan mengambil bentuk yang amat berbeda,amat menakjubkan”
“Sejatinya,rasa suka tidak perlu diumbar,ditulis,apalagi kau pamer-pamerkan”
“Langit selalu mempunyai skenario terbaik,saat belum terjadi maka bersabarlah “
“tidak ada yang lebih indah dibanding masa muda. Ketika kita bisa berlari secepat yang kau mau,bisa merasakan perasaan sedalam yang kau inginkan tanpa takut terkena penyakit atas semua itu.”
“perasaan adalah perasaan, meski secuil, walau setitik hitam ditengah lapangan putih luas, dia bisa membuat seluruh tubuh jadi sakit,kehilangan selera makan dan semangat”
“perasaan bisa membuat harimu berubah cerah dalam sekejap padahal dunia sedang mendung,dan di kejap berikutnya mengubah hari harimu menjadi buram padahal dunia sedang terang benderang.”
Kisah cinta dalam novel ini sangat sederhana, sangat sopan, menghargai,dan tidak berlebihan. Tidak sama dengan novel cinta kebanyakan. Yah ! cinta itu sederhana, tak perlu diumbar tapi lakukanlah dengan perbuatan, Kalian  selalu bisa memberi tanpa sedikit pun rasa cinta, tetapi kalian tidak akan pernah bisa mencintai tanpa selalu memberi… berbuatlah yang terbaik dan tulus untuk hidup kalian !!! saya juga berusaha  untuk kebaikan dan mencari cinta sejati saya^^, Langit selalu mempunyai skenario terbaik….saya yakin !!
Penasaran dengan novel ini ??? kalau kalian tertarik silahkan minjem atau beli di toko buku terdekat. Kalian gak akan rugi, malah dapat petuah dari pak tua :)

Komentar

Postingan Populer